Lampu PJU di 932 Titik Pekanbaru Bakal Diganti LED Smart System

pju.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Pekanbaru bakal mengalami peremajaan. Proses meterisasi  LPJU juga masih berlanjut tahun ini.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah mengusulkan untuk peremajaan lampu jalan ini sebanyak 923 titik. Nantinya lampu konvensional beralih ke Light Emitting Diode (LED) Smart System.

"Tujuan peremajaan itu salah satunya, karena lampu-lampu jalan itu umur teknisnya sudah melebihi," ujar Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Bagus Saputra, melalui Kasi Penerangan Jalan Dishub Pekanbaru M Anshar.

Ia juga menyampaikan, peremajaan dilakukan untuk menekan tagihan listrik. Meterisasi LPJU ini guna menekan tagihan LPJU yang ada di seluruh wilayah kota.


"Tujuan kita melakukan peremajaan, juga untuk menekan tagihan rekening listrik," ujar Anshar, Kamis 19 Januari 2023.

Sementara untuk pembangunan PJU di tahun 2023 baru dilakukan di Jalan Rajawali, Kecamatan Sukajadi. Dishub sudah mengelola LPJU sejak tahun 2017 silam.

Dirinya tidak menampik masih ada LPJU yang belum menggunakan lampu hemat energi. Pihaknya pun melakukan penggantian LPJU dengan lampu hemat energi secara bertahap.