Angka Inflasi Kuansing Masih Mengacu ke Inhil

Inflasi3.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Angka Inflasi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) masih mengacu ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Di Provinsi Riau sendiri inflasi masih mengacu ke tiga kabupaten dan kota.

"Di Riau inflasi mengacu ke tiga kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan. Kalau Kuansing masih mengacu ke Tembilahan," ujar Ketua Tim Penanganan Inflasi Kuansing, Maisir, Kamis, 19 Januari 2023.

Menurut Maisir inflasi daerah ditentukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Angka inflasi daerah juga ditentukan mulai dari harga barang dan item lainnya.

"Persoalan kemarin sebenarnya kita bukan gagal menekan laju inflasi, tapi memang di Inspektorat data kegiatan OPD tidak di input disampaikan ke Irjen Depdagri," kata Asisten II Setda Kuansing.


Selain dilaporkan ke Kementerian Keuangan, sejumlah kegiatan seperti operasi pasar dan kegiatan menanam itu juga harus dilaporkan ke Irjen Depdagri.

"Mereka minta foto kegiatan operasi pasar dan kegiatan ketahanan pangan itu dilaporkan, tapi itu yang tidak di input Inspektorat. Kedepan ini jadi catatan kita," katanya.

Inflasi sendiri diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Namun Pemkab tidak mampu menekan laju inflasi.