Bekas Galian IPAL, Warga Mengeluh Jalan Dahlia Belum Direkondisi

Jalan-rusak12.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ruas Jalan Dahlia, Kota Pekanbaru hingga kini kondisinya masih rusak. Kerusakan ini pasca proyek galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) beberapa waktu lalu.

 

Masyarakat pun mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah karena aspalnya hancur. Air kerap menggenangi satu ruas jalan yang menghubungkan Jalan Melur dengan Jalan Soekarno-Hatta.

 

"Lihatlah jalannya ini jelek minta ampun. Tolonglah diperbaiki, pak pejabat," ujar Amin, satu pengendara yang melintas, Senin 16 Januari 2023.

 

Pemerintah kota berencana akan melakukan pelapisan atau overlay terhadap jalan rusak. Proses overlay ini menjawab keluhan masyarakat di sekitar kawasan itu selama ini.

 

"Kita akan lakukan overlay, karena banyak keluhan masyarakat di sekitar Jalan Dahlia," ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

 

Dirinya menyampaikan, pemerintah kota sudah mengingatkan kepada kontraktor pelaksana IPAL agar melakukan rigid terhadap ruas jalan rusak. Ia menyebut kontraktor belum bisa memperbaiki ruas jalan rusak karena sulit mencari aspal.


 

"Tapi memang kita lihat sambungan di jalan rusak itu masuk air, kondisinya bertambah rusak," ungkapnya.

 

Dirinya mengatakan bahwa ruas jalan rusak di kawsan itu bertambah. Maka pemerintah kota pun berencana melakukan overlay untuk memperbaiki ruas jalan ini.

 

 

 

"Mestinya jadi tanggung jawab kontraktor IPAL, tapi karena banyak keluhan masyarakat. Kita pun akhirnya melakukan perbaikan," jelasnya.

 

Indra mengaku maasih ada sejumlah ruas jalan bekas galian proyek IPAL yang belum mengalami rekondisi. Ia mengatakan, ruas jalan rusak itu belum mengalami rekondisi lantaran ada permasalahan.