Hari Ini, Jokowi Bakal Tandatangani Prasasti Peresmian Tol Pekanbaru-Bangkinang

Tol-Pekanbaru-Bangkinang.jpg
(Dok. BPJT)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Provinsi Riau pada Rabu, 4 Januari 2023, hari ini. Jokowi bakal meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang dan menandatangani prasasti di Kabupaten Kampar.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi berkaitan dengan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang adalah yang kedua kalinya sejak Rabu, 19 Mei 2021. Saat itu, Jokowi meninjau perkembangan pembangunan tol ruas Pekanbaru-Padang di Kabupaten Kampar.

"Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat perkembangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru dan ini berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang," kata Jokowi di KM 8 ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pada Jumat, 25 September 2020, Jokowi meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai. Peresmian dilakukan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, dan Kepala BPJT, Danang Parikesit, secara langsung di Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai.

"Alhamdulillah, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer dengan biaya Rp12,18 triliun telah selesai, dapat dioperasikan secara penuh, dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera," ujar Jokowi.

Peresmian tol secara virtual oleh Jokowi untuk Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) adalah yang pertama kalinya dalam sejarah di Riau.


Hari ini, Jokowi secara langsung akan meresmikan tol ruas Pekanbaru-Padang, seksi Pekanbaru-Bangkinang. Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor penghujung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, secara resmi telah membuka jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 km pada Kamis, 27 Oktober 2022, setelah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik lebaran tahun lalu untuk mendukung perjalanan masyarakat Riau menuju Sumatera Barat dan sekitarnya.

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian ruas jalan Tol Pekanbaru-Padang yang membentang sejauh 254 km sebagai penghubung Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat.

Selain Tol Pekanbaru-Bangkinang, menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning setelah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah beroperasi sejak 2020 lalu.