2 Operator Angkutan Sampah di Pekanbaru Mulai Tugas 1 Januari 2023

Ilustrasi-sampah-di-PKU.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses alih kelola operator angkutan sampah di Kota Pekanbaru segera berlangsung. Ada dua operator yang mulai bertugas mengangkut sampah pada 1 Januari 2023 tepatnya pukul 00.00 WIB.

Kedua operator tersebut yakni PT Ella Pratama Perkasa untuk pengangkutan sampah di zona I dan PT Samhana Indah untuk pengakutan zona II.

Rencananya kedua operator yang jadi pemenang lelang angkutan sampah bakal menandatangani kontrak kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru pada 30 Desember 2022.

"Proses penandatangan kontrak ini untuk zona I dan zona II, jadi alih kelola angkutan sampah segera dilakukan," ujar Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat 30 Desember 2022.

Indra tidak ingin ada sampah menumpuk di masa peralihan operator angkutan sampah dari tahun 2022 ke tahun 2023. Mereka nantinya bakal berintegrasi dengan angkutan sampah mandiri karena angkutan mandiri menjadi wajib retribusi.

"Jangan sampai terkendala pengangkutan, kita panggil kedua pemenang untuk koordinasi dengan DLHK terkait peralihan operator," katanya.

Dalam pembahasan kontrak, kata Indra, ada sejumlah catatan dalam klausul yang harus terperinci agar tidak multitafsir. Mereka juga membahas draf kontrak dan kesanggupan pihak ketiga.

"Kemudian harus ada indikator kota bersih, misal jalan protokol bersih. Tidak ada lagi tumpukan sampah di pasar tradisional, mungkin kita tambahkan dalam klausul kontrak," ujarnya.

Indra menambahkan, proses pengangkutan sampah jangan lagi sampai ada yang tercecer. Proses pengangkutan sampah berlangsung hingga ke perumahan.

Operator harus melakukan simulasi dalam bentuk spasial agar mengetahui zona yang kosong tanpa pengangkutan.

"Jangan sampai tidak ada zona yang sampahnya tidak terangkut, sehingga bisa menumpuk di beberapa titik," pungkasnya.