Minta PHR Perbaiki Jalan Rusak, Dewan: Jangan Cuma Bisa Ambil SDA Riau

Husaimi-Hamidi11.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Husaimi Hamidi, menyoroti banyaknya jalan rusak di Rokan Hilir (Rohil) yang dilalui pihak PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Husaimi menegaskan PHR jangan hanya sukses membuat sumur baru, tapi juga harus memberikan kontribusi nyata bagi Riau.

"Hari ini bertolak belakang, mereka bisa menggali sumur tapi jalannya rusak. Masa jalannya tak diperbaiki, Chevron dulu walau perusahaan asing jalannya bagus di mana-mana. Itu diperbaiki," ujarnya, Senin, 26 Desember 2022.

Hal itu dikatakannya sebab saat dirinya ke Desa Sungai Rangau, Rohil banyak jalan di sekitaran PHR tak dirawat, berdebu, dan berlubang.

"Tolong perhatikan juga fasilitas masyarakat, jangan demo dulu baru diperbaiki. Kalau dirusakkan jalan negara ini ya perbaiki lagi. Umpamanya digunakan jalan ini mengangkat alat berat, penimbunan, ya perbaiki," tegasnya.

Politikus PKB itu menegaskan, alangkah malunya jika masyarakat mendemo BUMN perihal jalan. Harusnya, katanya, tanpa didemo masyarakat, PHR sadar diri memperbaiki jalan.

"Malu kita. Pertamina ini kan punya negara, harusnya tanpa didemo kalau jalan rusak diperbaiki. Jadi masyarakat aman, perusahaan aman," terangnya.

"Coba diperhatikan masyarakat tempatan. Karena ini jauh standarnya dari Chevron. Jadi jangan hanya menggali SDA Riau saja, perhatikan juga fasilitas negara ini," tutup Husaimi.