Sungai Batak Meluap hingga Badan Jalan, Akses Jalan Terputus

Banjir-sungai-batak2.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru tergenang banjir akibat hujan deras pada Rabu, 21 Desember 2022, malam hingga dinihari. Salah satunya Jalan Akasia/Lembah Raya, Kelurahan Tangkerang Urata.

 

Debit air di Sungai Batak naik sampai ke badan jalan sekitar 60 CM. Akibatnya akses jalan pun terputus. Pengguna jalan terpaksa memutar ke jalan lain.

 

"Saya mau ke Jalan Badak, mesti putar lagi ke Harapan Raya karena jalan terputus. Terganggu jalannya," ujar satu pengendara, Yogi, Kamis 22 Desember 2022.

 

Sungai Batak memang merupakan daerah yang menjadi langganan banjir. Pasalnya, air sungai akan meluap ketika hujan deras mengguyur hingga menutupi badan jalan.

 


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Chandra menyampaikan, potensi curah hujan yang tinggi masih mungkin terjadi hingga akhir tahun 2022 ini. Adanya peralihan cuaca cukup ekstrem juga patut diwaspadai masyarakat.

 

"Pagi bisa cuaca panas, siang bisa saja tiba-tiba hujan, sehingga kita bisa melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem," ungkapnya.

 

 

 

 

 

 

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lokasi rawan terdampak banjir. Ia mengingatkan masyarakat agar siaga terhadap bencana.

 

"Kita masih ada potensi hujan dan cuaca ekstrem, maka kita tetap waspada sejak dini, kita ambil langkah antisipasi," pungkasnya.