Siapkan Mantelmu, Riau Bakal Diguyur Hujan Lagi

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Selasa, 20 Desember 2022.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Sanya Gautami.

Dikatakannya, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, dan juga Rokan Hulu.

Disusul siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Sedangkan malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar dan Kepulauan Meranti," sebutnya.

Lanjut Sanya, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi pada siang dan sore hari," terangnya.

Sementara suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–31.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 55–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur dengan kecepatan 10-40 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.