KPU Buka Pendaftaran Bacalon DPD RI, Waktu Kumpulkan 2000 Dukungan 14 Hari

Ilustrasi-KPU.jpg
(Nugroho Sejati/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka tahapan penyerahan dukungan pencalonan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Riau.

Anggota KPU Riau, Joni Suhaidi, mengatakan bakal calon anggota DPD harus mendapat 2000 dukungan yang tersebar di enam kabupaten/kota jika ingin mendaftarkan diri.

"Harus lulus verifikasi administrasi dan faktual apakah dukungannya mencapai 2000 dan tersebar di enam kabupaten/kota. Kalau tercapai artinya memenuhi syarat dukungan," jelas Joni, Senin, 19 Desember 2022.

Joni menegaskan, pihaknya membuka pendaftaran hingga 29 Desember, sehingga diharapkan jumlah 2000 dukungan ini harus dipenuhi calon selama 14 hari.

"Tanggal 16 sampai 29 proses penyerahan dengan menyerahkan surat pernyataan dukungan dan lampiran rekap dukungan itu per kelurahan, per kecamatan. Nanti kita lihat kesesuaiannya dengan SILON," ujarnya.

Terkait SILON, ia menjelaskan fungsinya yakni guna memudahkan, pendataan dukungan. Selain itu, katanya, juga akan dilakukan double check dengan administrasi cetak.

Joni menyebut, kriteria dukungan menjadi perhatian serius KPU. Ia mewanti-wanti agar tidak menyertakan pendukung yang tidak memenuhi syarat diantaranya pendukung tidak Berstatus TNI, Polri, dan PNS serta berusia 17 tahun.

"Kita akan cek apakah ada data identik internal, artinya data yang sama mendukung calon yang sama atau data identik eksternal, artinya mendukung calon lain juga," tegasnya.

Ia mengatakan, jika calon sudah menyerahkan data dukungan dan beberapa dukungan dinyatakan invalid namun jumlah dukungannya kurang, diberikan kesempatan untuk memperbaiki datanya. Namun jika sudah mencukupi akan langsung lulus tahapan dukungan.

"Kami memberikan kesempatan untuk perbaikan, ada verifikasi perbaikan. Kalau sudah lengkap dinyatakan memenuhi syarat dukungan sebagai calon,"

Meski dinyatakan memenuhi syarat dukungan, bakal calon belum dinyatakan sebagai peserta Pileg DPD, tahapan pendaftaran baru akan dimulai tahun depan.

"Ini baru syarat Pernyataan dukungan, sementara pendaftaran 1 Mei. Sejauh ini sudah Ada 36 yang sudah menyerahkan dukungan," tutup Joni.