Hujan Bakal Guyur Sebagian Wilayah Riau di Akhir Pekan

Hujan58.jpg
(Thinkstock/Sasiistock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menikmati akhir pekan tentu menjadi momen paling dinantikan bagi masyarakat untuk beraktivitas mengunjungi tempat-tempat hiburan. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau, Minggu, 18 Desember 2022

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Anggun, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Anggun.

Dikatakannya, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Bengkalis, Kota Dumai, dan sebagian Kepulauan meranti.

Disusul siang hari intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di sebagian wilayah Provinsi Riau.

"Tetapi dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, dan Kepulauan Meranti," sebutnya.

Lanjut Anggun, BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Indragiri hilir dan Bengkalis pada siang, sore dan malam hari," ungkapnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 58–98 persen Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur 10 -35 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.