Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Guyur Sebagian Wilayah Riau

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau, Rabu, 8 Desember 2022.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yasir Prayuna. 

Dikatakannya, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Siak, Pelalawan, Kampar, Bengkalis, Kota Pekanbaru. 

Sedangkan siang hari cuaca cerah Berawan, tak ada potensi hujan. Disusul sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di sebagian wilayah Provinsi Riau. 


"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru," jelasnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Bengkalis, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru pada pagi, sore dan malam hari," pungkasnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Baratan dengan kecepatan 10-40 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.