Kakanwil Kemenkumham Riau Tinjau Pembangunan Lapas Baru di Rohil

Kakanwil-Kemenkumham-Riau2.jpg
(Dok Kanwil Kemenkumham Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Riau, M Jahari Sitepu, melakukan kunjungan ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. 

Dalam kunjungan kali ini, Jahari memantau proses pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Rohil. Jahari memastikan pembangunan Lapas Bagansiapiapi yang baru ini selesai tepat waktu dan sesuai standar. 

Pasalnya, Lapas Bagansiapiapi, Rohil, sampai hari ini mengalami over kapasitas hingga 1.000 persen. 

Over kapasitas membuat warga binaan lapas harus rela hidup berdesak-desakan. Hal ini menghambat program pembinaan, dan berisiko tinggi terhadap gangguan keamanan lapas.

 

"Alhamdulillah, pembangunan Lapas Bagansiapiapi yang baru ini sudah mencapai 94 persen. Tinggal beberapa titik lagi yang harus di finishing. Waktu pengerjaan pun tinggal 2 minggu lagi. Selesaikan dengan sebaik-baiknya dan sesuai standar kontrak," ujar Jahari, Selasa, 6 Desember 2022.


Jahari meminta pelaksana proyek untuk memperhatikan hal-hal kecil dengan detail. Dia berharap pembangunan proyek ini dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Dia pun meminta Kalapas dan PPK rutin melaporkan perkembangan pembangunan lapas kepadanya agar bisa mencarikan solusi apabila ada hambatan di lapangan.

“Kita akan terus melakukan pengawasan pada pembangunan lapas baru ini, dengan harapan selesai dengan tepat waktu tanpa ada hambatan apapun. Mohon doa restu seluruh jajaran Kemenkumham Riau dan masyarakat Riau,” tutupnya.

Lapas Bagansiapiapi yang sedang dibangun di Jalan Lintas Riau-Sumut Kecamatan Tanah Putih Ujung Tanjung ini diharapkan mampu mengurai kepadatan hunian lapas.