Peringati Hari AIDS Sedunia, KPA Pekanbaru Bikin Acara di CFD dan Mal SKA

Hari-Aids.jpg
(dok. Pixabay.com/mohamed_hassan via Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah kegiatan bakal digelar dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pekanbaru bakal menggelar sejumlah kegiatan pada, Minggu, 4 Desember 2022.

Ada rencana kegiatan berlangsung di area Car Free Day (CFD) Pekanbaru. Kegiatan lainnya juga berlangsung di Mal SKA dalam rangkaian Hari AIDS Sedunia. Kegiatan ini digelar KPA Pekanbaru bersama KPA Provinsi Riau. 

"Kalau besok belum ada acara, acaranya tanggal 4 Desember besok di CFD dan Mal SKA," jelas Sekretaris KPA Pekanbaru, Hasan Suprinanto.

 

Menurutnya, ada kegiatan lomba digelar dalam momen Hari AIDS sedunia yang berlangsung di Mal SKA akhir pekan nanti. Ada juga rangkaian seremonial yang rencananya dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.


Hasan menyebut dalam rangkaian peringatan Hari AIDS Sedunia kali ini pihaknya juga melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti dialog interaktif di media massa dan penyebaran media informasi berupa brosur ke instansi pemerintah dan swasta.

Ia menyebut, upaya penanggulangan HIV/AIDS bakal terus dilakukan. Ia berharap upaya tersebut mendapat dukungan berbagai pihak termasuk tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, LSM,tokoh agama, tokoh pemuda hingga tokoh perempuan.

Kasus HIV/AIDS masih terus bertambah di tahun 2022 ini. Kondisi tersebut membuat penularan HIV/AIDS mesti menjadi perhatian khusus. 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, ada penambahan hingga ratusan kasus HIV/AIDS di Kota Pekanbaru pada tahun ini. Ada penambahan sebanyak 172 kasus HIV dan 138 kasus AIDS.

Kasus ini bertambah dari periode Januari hingga Oktober 2022. Banyak dari mereka yang tertular HIV/AIDS di Kota Pekanbaru merupakan pria.