Di Mulai Hari Ini, 13 Tim Siap Gowes Tour de Siak hingga 4 Desember 2022

Ilustrasi-Tour-de-Siak.jpg
(riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perhelatan olahraga balap sepeda internasional Tour de Siak (TDS) ke-8 di Provinsi Riau dimulai pada hari ini, 1 Desember hingga 4 Desember 2022.

Pembukaan Tour de Siak akan diawali dengan parade atlet dan opening ceremony Tour de Siak di Kabupaten Siak. Sedangkan closing ceremony Tour de Siak akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru. 

Ada tiga etape pada Tour de Siak kali ini. Pertama, Siak City Race sepanjang 84 km, etape kedua Siak-Pekanbaru sepanjang 130 km, dan etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120 km. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat, didampingi Kadis Kominfo, Erisman Yahya menyebut ada 13 tim yang akan beradu kecepatan dalam Tour de Siak tahun ini. Lima tim berasal dari luar negeri dan 8 tim dalam negeri. 


"Lima tim dari dalam negeri itu, Singapura 1 tim, Filipina 1 tim, Malaysia 2 tim dan Brunei Darussalam 1 tim," sebutnya.

Sedangkan dari dalam negeri, yakni 3 tim Jakarta, tim Malang, tim Yogyakarta, tim Bandung, Pontianak, dan Riau, masing-masing satu tim. 

Sementara itu, closing ceremony Tour de Siak rencananya akan digelar di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, yang akan menampilkan Woy Band dan Erick Sihotang. 

Roni menyebut sekitar 2.470 personel gabungan disiagakan untuk pengamanan selama Tour de Siak 2022 berlangsung.

"Kita juga di backup oleh personel gabungan TNI-Polri dalam melaksanakan kegiatan Tour de Siak. Semoga kegiatan ini dapat mempromosikan ekonomi kreatif lokal yang dimiliki," pungkasnya.