Siapkan Mantelmu, Akhir Pekan Hujan Bakal Guyur Riau

Hujan23.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menghabisi waktu di luar rumah saat akhir pekan  memang menyenangkan. Sayangnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang bakal mengguyur Riau, Minggu, 27 November 2022.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan berpotensi akan kembali terjadi pada sore hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yasir Prayuna.

Ia mengatakan potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.


Sedangkan, siang hari cuaca cerah Berawan, tak ada potensi hujan. Disusul sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan juga Kuantan Singingi.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, Kampar dan Kota Dumai," jelasnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis dan Siak pada sore, malam dan dini hari," ungkapnya.

Sementara, suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembaban udara 55–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat–Utara dengan kecepatan 15-40 km per jam.

Sementara itu, prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.