Lestarikan Budaya Melayu, Lantunan Nandung Sambut Gubri di SMAN 1 Rengat

Syamsuar535.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kedatangan Gubernur Riau, Syamsuar, di SMAN 1 Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (inhu), disambut lantunan Nandung, Senin, 14 November 2022.

Nandung merupakan warisan budaya daerah yang berwujud karya sastra lisan khas Inhu. Nandung sendiri menurut laman resmi Kemendikbud bentuknya berpola baris serta irama akhir seperti pantun. Namun uniknya nandung ketika dinyanyikan layaknya pola irama syair. 

Lantunan Nandung dibacakan oleh Shakira Najwa Alfaraz Ilham, siswa SMAN 1 Rengat yang duduk di kelas 10. Siswa usia 15 tahun itu mengatakan tujuan pembacaan Nandung ini untuk menyambutan kedatangan Syamsuar.

"Najwa ingin mencontohkan kepada siswa siswi Riau, khususnya untuk melestarikan kearifan lokal dari setiap daerahnya," tukas Najwa.


Najwa mengaku telah mengenal Nandung sejak mengikuti lomba bernyanyi lagu daerah. Saat itu ia membawakan lagu berjudul Negeri Kelayan dan Rakit Kulim di bawah asuhan Sumadi Syam. 

"Di situ Najwa diajarkan oleh penciptanya, pencipta lagu tersebut diajarkan menandung oleh bapak itu," terangnya. 

Mewakili generasi muda, Najwa menyebutkan cara melestarikan budaya-budaya khas daerahnya masing-masing bisa dilakukan anak muda. Menurutnya budaya mampu membesarkan generasi muda sehingga dapat hidup dengan baik dan memiliki sopan santun.