Atlet Nasional Panjat Tebing Asal Inhu Dipersipkan Jadi Kontingen Olimpiade di Paris 2024

Atlet-Panjat-tebing-asal-inhu.jpg
(Instagram/@pujaa.lestarii)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pekan Olahraga Provinsi Riau (Porprov) ke-X Riau yang diselenggarakan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) 2022 cabang olahraga (cabor) panjat tebing semakin menggeliat, lantaran adanya atlet nasional panjat tebing asal Indragiri Hulu (Inhu), yang ikut dalam ajang adu tangkas memanjat ini.

Pada pembukaan Porprov ke-X Riau cabor panjat tebing di Venue Panjat Tebing Kabupaten Inhu, Senin, 14 November kemarin, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Iskandar Gusrin, mengaku bangga terhadap atlet berprestasi, Puja Lestari.

"Sekarang di tahun 2022, Puja meraih emas di Thailand University of Asean baru-baru ini dan sekarang, Puja akan ke Pelatnas disiapkan kontingen Indonesia ikut olimpiade di paris 2024," ucap Iskandar. 

Ungkapan bangga juga datang dari Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi. Rezita mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Inhu merasa lebih bangga dengan adanya atlet potensial seperti Puja dalam ajang olahraga panjat tebing. 


Rezita menyebut Puja sebagai atlet yang telah banyak menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Terbaru Puja menjuarai Speed World Record ASEAN University World Cup 2024 dengan meraih medali emas.  

"Di ajang Porprov tahun 2014, prestasi pertama Puja ini mendapatkan medali perak perorangan putri tahun 2014," terang Rezita.

Rezita pun menambahkan, Puja dengan segudang prestasinya juga masuk ke dalam urutan 36 dalam kejuaraan dunia International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup Swiss di Speed World Record. Di kejuaraan dunia itu, Puja meraih peringkat 26 dan mendapatkan medali perak kejuaraan nasional Aceh tahun 2021. 

Rezita berharap dengan adanya cabor Panjat Tebing ini dapat mendorong munculnya atlet-atlet kebanggaan melalui terselenggaranya Porprov ke-X Kuansing tahun 2022. 

"Yang nantinya dapat mengharumkan nama Provinsi Riau, baik di tingkat nasional maupun internasional," harap Rezita. 

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, juga mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan Puja untuk Riau. Syamsuar mengatakan memiliki atlet berprestasi nasional asal Riau merupakan satu kebanggaan sendiri. 

"Kami ucapkan selamat buat Puja Lestari bangga kita ada atlet nasional di sini," ungkap Syamsuar.