Tetap Fit Walau Cuaca Ekstrem, Ini Tipsnya!

Air-mineral.jpg
(istimewa)

Laporan Indah Lestari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Belakangan ini cuaca kian ekstrem. Musim pancaroba, hingga situasi pandemi yang belum juga usai, tengah mengancam kesehatan kita semua.


Virus dan bakteri berkembang dan menyebar lebih cepat. Beragam penyakit bakal lebih mudah hinggap di tubuh. Kondisi demikian, memaksa kita untuk lebih ekstra lagi dalam menjaga kesehatan tubuh.

 

6 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Fit


1. Minum Air Mineral


Kekurangan air putih atau mineral, dapat meyebabkan dehidrasi di tubuh. Pasalnya, ketika tubuh terdehidrasi, kondisi ini bisa memicu memburuknya kesehatan.

 


Melansir fk.ui.ac.id, konsumsi air mineral secara cukup bermanfaat besar bagi kesehatan. Bantu jaga keseimbangan tubuh, detoksifikasi racun dan meningkatkan energi.

 

2. 4 Sehat 5 Sempurna



Memperhatikan asupan makanan selalu penting adanya. Terlebih di tengah ekstremnya cuaca saat ini.


Dengan pola konsumsi empat sehat lima sempurna, tubuh akan mendapat gizi lengkap dan seimbang. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang cukup dapat mendukung kekebalan tubuh, sehingga miliki sistem imunitas prima.

 

3. Olahraga Teratur


Olahraga secara teratur dapat mengontrol dan mengatur sel T. Sejenis sel darah putih yang berfungsi untuk jaga kekebalan tubuh dari beragam infeksi penyakit.


Melansir awalbros.com, sebuah hasil studi penelitian menyebutkan, mereka yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang, seperti jalan cepat diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza, sebesar 50 persen.


Selain dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga juga mampu membuat tubuh terasa tetap bugar. Cukup dengan meluangkan waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari.

 

4. Konsumsi Suplemen maupun Multivitamin


Suplemen maupun multivitamin bakal cukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Guna memelihara fungsi organ dan stamina tubuh.


Kita dapat mengonsumsi suplemen maupun multivitamin sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh masing-masing.

 

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup


Istirahat dan tidur secara cukup dapat mempertahankan imun tubuh. Menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.


Hal ini membantu mengoptimalkan fungsi imunitas pada tubuh, sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat. Selain itu, istirahat dan tidur berkualitas juga dapat mengontrol suasana hati dan pikiran. Menjauhkan kita dari stress berlebih yang dapat menjadi masalah bagi kesehatan kita.

 

6. Senantiasa Jaga Kebersihan


Menjaga kebersihan diri penting bagi kekebalan tubuh. Pola hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum makan dan kebiasaan sehat lainnya, dapat menangkal berbagai jenis penyakit.

 

 


Maka dari itu jagalah kebersihan diri. Mulai dari hal-hal kecil, makan dan minum yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Terlebih di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang.


Itu dia tips-tips agar tetap fit walau cuaca ekstrem. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran diri untuk selalu menjaga kesehatan kapan pun dan di mana pun.