Gugat Kenaikan Dana Hibah KONI, DPRD Riau: Prioritasnya Apa?

ILUSTRASI-ANGGARAN.jpg
(KEMENDAGRI.GO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, menggugat kenaikan dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau yang mencapai Rp 16 miliar. Dengan demikian hibah KONI tahun 2023 jadi Rp 47 miliar dari tahun sebelumnya Rp 31 miliar. 

"Secara pribadi saya menyoroti kenaikan anggaran KONI. Saya minta Dispora tanyakan kejelasan dari KONI soal kenaikan anggaran Rp 16 miliar itu, prioritasnya untuk apa?" kata Ade, Senin, 24 Oktober 2022.

Ade menuturkan, kenaikan anggaran hibah untuk KONI sebesar itu tidaklah rasional, terlebih pada 2023 akan ada rasionalisasi anggaran sebesar Rp 600 miliar.


"Nah, apakah kenaikan anggaran KONI ini rasional dengan adanya rasionalisasi anggaran? Ini yang kami pertanyakan dan secara pribadi saya minta perlu dikaji ulang," tegasnya.

Politikus PAN itu menuturkan, usulan besaran anggaran tersebut merupakan yang tertinggi sejak delapan tahun terakhir. Sebab itu, Ade meminta KONI tidak hanya asal mengajukan usulan anggaran tanpa mempertimbangkan skala prioritas sesuai kebutuhan cabang olahraga. 

"Untuk PON sebelum Papua aja kita hanya anggarkan sekitar Rp 35 miliar dan PON 2021 Rp 31 miliar. Ini kenaikan cukup signifikan, prioritasnya apa? Kita nggak mau Riau ini dianggap sebagai provinsi yang punya cheerleader banyak," tandasnya.