Pentingnya Perkenalkan Permainan Berbasis Teknologi serta Manfaat ke Anak Usia Dini

Permainan-basis-teknologi.jpg
(Hendra Dedafta/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, SIAK - Pentingnya memperkenalkan alat permainan berbasis teknologi, serta berbagai manfaatnya untuk Anak Usia Dini, versi Helendri, guru TK PGRI Pangkalan Gondang,  Langgam, Pelalawan.

Dalam materi pembelajaran Media Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Teknologi, Guru TK PGRI Pangkalan Gondang, Helendri. Menunjukan jenis alat bermain anak "Kapal Air berbasis teknologi".

Kapal air berbasis teknologi tersebut dirancang sendiri oleh Helendri, menggunakan Busa styrofoam, mesin dinamo, baterai, lidi, pewarna tempra, plastik. 

Sembari memberi pembelajaran sambil bermain, Helendri secara perlahan menjelaskan cara pembuatan, bahan, menghidupkan dan mematikan  serta cara kerja dinamo dan baterai pada kapal air berbasis teknologi tersebut.

Helendri, mengatakan alat permainan edukatif (APE) “kapal air” berbasis teknologi adalah sebuah media alat permainan yang bisa dimainkan dengan menggunakan mesin.

Menurutnya, dengan adanya alat permainan edukatif (APE) “kapal air berbasis teknologi" ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada anak usia dini. 

Media alat permainan edukatif (APE) kapal air berbasis teknologi ini tidak harus kita dapatkan dengan cara membeli, tetapi bisa kita buat dengan cara yang sederhana. 


"Hanya dengan menggunakan barang bekas seperti busa styrofoam dan mesin dinamo bekas mainan anak-anak yang sudah tidak terpakai, Kita bisa menciptakan sebuah alat permainan edukatif," ucap Helendri, Minggu 9 Oktober 2022.

Helendri menambahkan, pada alat permainan edukatif (APE) “kapal air berbasis teknologi" ini dapat membagun pengetahuan anak dalam berbagai aspek perkembangan. 

Bermain merupakan aktivitas yang bisa membangun semangat anak, yang tanpa disadari semangat itu dapat memudahkannya dalam menyerap banyak hal yang bisa meningkatkan perkembangan anak.

Bermain dengan menggunakan media atau alat permainan yang tepat seperti alat permainan edukatif (APE)”kapal air yang berbasis teknologi ini, itu sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 

Lanjutnya, karena bermain sejatinya adalah dunia anak-anak, sebagai pendidik di tingkat PAUD dan TK, kita harus bisa menciptakan hal baru untuk kegiatan di sekolah, seperti alat permainan edukatif (APE) kapal air berbasis teknologi.

Aspek yang dapat dikembangkan melalui alat permainan edukatif (APE) kapal air berbasis teknologi diantaranya, sosial emosional. melalui kegiatan sama-sama mengamati alat permainan edukatif (APE) dan anak dapat mentaati aturan main 

Kemudian kognitif, melalui kegiatan mematikan alat permainan kemudian menghidupkannya kembali, anak dapat memecahkan masalah dalam berpikir tingkat tinggi. 

Kemudian bahasa, melalui alat permainan edukatif (APE) kapal air berbasis teknologi yang berjalan di dalam air anak senantiasa melakukan Tanya jawab dengan guru dan temannya. 

Terakhir seni, anak mampu menciptakan hal-hal baru dengan memberikan ide kapalnya diberi atap.