Pemprov Riau Persiapkan 20 Unit Sepeda Motor Listrik untuk OPD

Motor-listrik.jpg
(Hindustan Times)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Biro (Kabiro) Umum Sekretariat Daerah (Sekda), Aryadi, mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan 20 unit sepeda motor tenaga listrik untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau. 

Hal ini berkaitan dengan  Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 

"Sesuai instruksi presiden kan, tahun ini ada 20 unit honda listrik," ungkapnya sesuai Rapat Evaluasi Perencanaan Kegiatan APBD dan APBN Riau tahun 2022 pada Senin, 3 Oktober 2022, lalu. 

Honda listrik yang dipersiapkan menghabiskan Rp 31 juta sampai Rp 32 juta. Jika rata-rata seharga Rp 31 juta, maka per unit sepeda motor listrik menghabiskan anggaran mencapai Rp 620 juta.

"Dikasih per-OPD, sebagai bentuk kita sudah mulai mengikuti instruksi presiden," paparnya.


Sementara untuk penggunaan mobil dinas tenaga listrik yang belakangan diwacanakan, kata Aryadi, belum dapat direalisasikan dan tidak ada yang menjamin. Ia menyebut, mobil dinas listrik akan coba dianggarkan pada 2023.

"Kita coba anggarkan lagi tapi dengan catatan terjamin kita dapatkan antr,e" ucap Aryadi. 

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, menyinggung pengadaan mobil dinas listrik pada Jumat, 30 September 2022. Syamsuar mengatakan bahwa Pemprov Riau akan melaksanakan instruksi itu, namun saat ini tidak ada stok untuk mobil listrik tersebut.

"Instruksi itu kita laksanakan.  Cuma sekarang barangnya itu ndak ada," ungkapnya. 

Syamsuar mengaku bahwa dirinya sebelumnya sudah menginstruksikan agar pengadaan mobil listrik ini dimasukkan dalam APBD P, namun karena kosong barang akhirnya tidak jadi. 

"Tadinya aku perintahkan di APBD P ini dimasukkan, tapi barang tak ada itu jadi problem tuh. Kalau kita mau beli,  inden," pungkasnya.