Dinilai Lalai Awasi Anggota, PLN Teluk Kuantan Bakal Beri Sanksi Terhadap Vendor

Listrik-Padam-ilustrasi.jpg
(Shutterstock via Kompas.com)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- PT PLN Cabang Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing bakal memberikan sanksi terhadap vendor yang dinilai lalai mengawasi anggotanya.


Hal tersebut ditegaskan Kepala PLN Teluk Kuantan, David E Sibarani kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 27 September 2022.

"Pasti kita beri sanksi berupa surat peringatan (SP)," tegas David.

Ini menindaklanjuti kejadian di Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Senin, 26 September 2022 kemarin. Dimana dalam video yang beredar diterima PLN ada seorang petugas dari vendor yang menggantung di tiang listrik di Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan.


Diketahui anggota vendor tersebut berasal dari PT Riau Samudera Mandiri (RSM). Dia hampir kehilangan nyawa saat memperbaiki jaringan listrik yang terputus di desa Serosah.

"Anggota dari vendor ini memperbaiki jaringan listrik yang terputus saat sedang WO atau tidak dalam bekerja. Dan itu bukan tugas yang bersangkutan untuk memperbaikinya," jelas David.

Berdasarkan kronologis kejadian saat itu anggota dari Vendor ini dimintai oleh warga untuk memperbaiki jaringan listrik yang terputus. Dan dia menyanggupi tanpa memberitahukan kepada PLN.

"Seharusnya warga memberitahukan kepada PLN, bukan kepada warga yang pandai memperbaiki jaringan listrik. Apalagi yang bersangkutan ini bukan tugasnya memperbaiki jaringan yang terputus. Jadi ini kecelakaan umum," katanya.

Pekerjaan perbaikan kabel sambungan rumah (SR) yang dilakukan korban ini tanpa konfirmasi kepada Pihak PLN, tetapi atas inisiatif sendiri karena diminta oleh warga setempat. 


Terkait hal tersebut pihak PLN sangat menyayangkan kejadian tersebut dikarenakan tidak adanya laporan yang disampaikan terlebih dahulu kepada PLN.

"Masyarakat apabila mengalami gangguan ataupun melihat adanya potensi gangguan listrik diminta tidak melakukan perbaikan sendiri ataupun meminta bantuan pihak lain yang tidak berkompeten," kata David.


 

 

PLN berharap apabila ada warga menemukan ada jaringan listrik yang bermasalah untuk menghubungi kanal resmi PLN atau call center 123 atau melalui PLN mobile.

Akibat kejadian tersebut korban harus dilarikan ke RSUD Teluk Kuantan untuk menjalani perawatan instensif. "Kini tengah di rawat di RSUD," katanya.