Pj Kades di Kuansing Bingung Ditolak Ninik Mamak dan Warga, Nopriadi: Apa Masalahnya?

Kepala-desa2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Penunjukan Penjabat (Pj) Kepala Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau mendapatkan penolakan dari unsur ninik mamak dan warga Desa Serosah.


Penolakan tersebut terjadi setelah Pj Kades Serosah, Nopriadi Habi Putra kembali diperpanjang jabatannya  menjadi Pj Kades Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan. Dia kembali dilantik bersama puluhan Pj Kades lainnya oleh Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, pada Minggu lalu. 

Sesuai mekanismenya penunjukan Pj Kades ini diusulkan oleh Camat dan di SK oleh Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby. Pada perpanjangan kedua ini Pj Kades Serosah, Nopriadi mendapatkan penolakan dari masyarakat.


"Saya pun bingung apa permasalahannya sampai ada penolakan," ujar Pj Kades Serosah, Nopriadi Habi Putra dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 26 September 2022.

Dirinya sudah mencoba mengundang unsur ninik mamak didesa untuk membicarakan persoalan tersebut, namun tidak ada yang datang. "Kalau ada informasi saya merendahkan ninik mamak dari segi mana, masyarakat menilai semua," kata Nopriadi.

Menurutnya, kalaupun dirinya ada salah ucap tentunya dirinya terbuka untuk dipanggil dan dinasehati oleh ninik mamak dan tokoh masyarakat. "Saya juga sebagai cucu kemenakan disini, panggil saya," katanya.

Rencana besok (Selasa,red) kata Dia akan ada pertemuan di kantor kecamatan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. "Besok akan ada pertemuan di kantor camat, Insya Allah semua nanti bisa diselesaikan," harapnya.

Dirinya berharap persoalan ini bisa secepatnya selesai dan semua bisa bekerja lagi. "Harapan saya semua persoalah bisa diselesaikan, dan semoga masyarakat tidak terpecah-pecah," katanya.

Persoalan tersebut juga sampai kepada anggota DPRD Kuansing Hamzah Alim. Menurut Hamzah Alim memang ada masyarakat yang menyampaikan penolakan kepada saya terhadap Pj Kades sekarang ini.


 

 

"Alasan mereka karena Pj Kades yang sekarang ini bahasanya kasar, maka masyarakat minta dicarikan yang lain untuk jadi Pj Kades," kata Hamzah Alim, Senin, 26 September 2022.

Dirinya pun telah menyampaikan persoalan tersebut ke Plt Bupati Kuansing. "Intinya saya minta jangan ribut, kalau bisa Pj Kades ini dari kantor camat saja," katanya.