Di Riau, Menhumkam Menari Maena Bersama Masyarakat Perantauan Nias

Menkumham-nari-maena.jpg
(TIKA AYU/RIAU ONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Hukum dan Ham (Kemenhukam), Yasonna H Laoly, unjuk bakat menari bersama para peserta Perlombaan Maena Cup Nih se-Provinsi Riau di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Sabtu, 24 September 2022.

Kehadiran Yasonna didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Provinsi Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Riau, Marinus Gea

Dalam sambutannya, Yasonna mengatakan bahwa pelestarian budaya tari tradisonal Nias harus terus dilakukan. Lanjut Yasonna, saat ini hanya setingkat regional mungkin ke depannya naik satu tingkat jadi nasional.

"Bukan hanya tari maena, bisa juga lompat batunya dan tari perang yang tadi tidak diperlombakan," ucapnya.


Menanggapi saran dari Yasonna yang dulu merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), Marinus mengatakan, hal tersebut menjadi pekerjaan rumah organisasinya. Karena menurutnya, tarian Maena harus terus dikembangkan mengingat suku Nias di Provinsi Riau merupakan kelompok perantauan.

"Program ini sebenarnya kita lakukan dalam rangka melestarikan budaya. Apalagi generasi kita saat ini hampir lupa ya dengan kegiatan kebudayaan seperti saat ini," ungkapnya.

Saat ditanyai bagaiamana rencana regional dan perlombaan Maenan Cup, Marinus mengatakan bakal membagi perlombaan menjadi tiga regional di antaranya Barat, Tengah, dan Timur.

"Kemudian nasional. Untuk pelaksanaan rencananya lebih dulu kita bicarakan dan dibahas supaya semuanya terlibat ya," ucap laki-laki yang juga anggota DPR RI itu.