Diduga Limbah Cucian Pabrik, DLH Kuansing Ambil Sampel Air di Sekitar PKS PT TAL

PKS-PT-Tamora-Agro-Lestari-TAL.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuansing langsung turun ke PKS PT Tamora Agro Lestari (TAL) setelah mendapatkan laporan adanya dugaan limbah bocor mencemari aliran sungai di daerah Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Jumat, 23 September 2022.


Kepala DLH Kuansing, Rustam mengatakan, hasil turun lapangan tidak ditemukan adanya Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) yang mengalami kebocoran. "Tadi kita sudah cek langsung ke kolam limbah milik PKS PT TAL, tapi tidak ada ditemukan kebocoran," kata Rustam kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 23 September 2022.

Namun demikian pihaknya tetap mengambil sampel air pada aliran sungai di sekitar PKS PT TAL. Dugaan sementara kata Rustam ada kemungkinan limbah hasil cuci pabrik mengalir ke drainase dan masuk ke dalam sungai sehingga membuat warga curiga ada dugaan pencemaran.


"Ini dugaan sementara, diduga air limbah cuci pabrik ini mengalir ke sungai. Jadi bukan dari kolam limbah," kata Rustam.

Untuk memastikan dugaan pencemaran pihaknya sudah mengirimkan sampel ke Pekanbaru. "Sampel kita kirim ke Pekanbaru, kita berharap hasilnya bisa cepat keluar," katanya.


 

Sementara pihak PKS PT TAL sendiri sejauh ini belum bisa dikonfirmasi terkait adanya kabar dugaan bocornya limbah tersebut.