Jelang Pemilu 2024, 75 Komisioner Bawaslu RI Resmi Dilantik Hari Ini

Ilustrasi-Bawaslu.jpg
(Rakyatku.com)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 75 Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari 25 Provinsi di Indonesia periode 2022-2027 resmi dilantik di Jakarta pada Rabu, 21 September 2022.

Sebelumnya, Bawaslu RI telah mengumumkan nama-nama komisioner Bawaslu Provinsi yang lulus melalui surat Nomor: 316/KP.01.00/K1/09/2022 tertanggal 17 September 2022.

Ketua Bawaslu RI, Rahmad Bagja, mengatakan Pemilu 2024 akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia melanjutkan ada semangat baru dalam Pemilu kali ini.

"Semangat yang berbeda dari periode sebelumnya. Inilah yang baru, yang berbeda ke depan. Pemilu 2024 yakni pemilu yang kompleks, pemilu yang berbeda. Tidak ada petahana. Semakin kompleks karena Pilkada akan masuk 2024 juga," katanya.


Meski berbeda perspektif antar Pemilu merupakan hal yang biasa, Rahmad mengimbau agar tetap berkoordinasi antara penyelenggara Pemilu.

"Patrikan di benak saudara-saudara semua bahwa KPU, Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), punya tujuan dan visi yang sama. Berbeda perspektif kadang terjadi. Itulah masa antara kakak, adek, dan juga adek lagi, yang kemudian harus kita hadapi untuk penyelenggaraan pemilu," tutur Rahmad.

Lanjut dia, KPU merupakan penyelenggara utama, tidak ada Bawaslu tanpa KPU. Sebab itu, kata dia, antara penyelenggara Pemilu punya kesepahaman yang sama.

"Tugas pelaksanaan pengawasan di seluruh republik Indonesia ini adalah untuk menyukseskan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," pungkasnya.