Investor Pasar Modal di Riau Mayoritas Didominasi Generasi Muda

Bursa-Efek-Indonesia4.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jika dilihat berdasarkan usia, investor pasar modal di Riau saat ini didominasi oleh kaum milenial atau genererasi muda.

Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, dalam Workshop bersama media di Cafe Peterseli Jalan Pattimura, Pekanbaru, Senin, 19 September 2022.

"Artinya milenial sedang mendapatkan tempat di sini. Selain itu, prospek investor di Riau sangat besar karena bonus demografi kita memang sedang bertumbuh," ujar I Gede Nyoman Yetna.

Dijelaskannya, dari data perseroan pada tahun 2020 pertumbuhan investor pasar modal di Riau sebanyak 32 ribu bahman naik menjadi 64 ribu di tahun 2021.

"Sehingga Per Juli 2022 jumlahnya kian tumbuh hingga mencapai 73 ribu investor. dan data kami mencatat hampir 85 persen adalah generasi muda 18-40 tahun," tukasnya.

Dirincikannya, untuk investor usia 18-25 tahun sebesar 42 persen, usia 26-30 tahun sebesar 23%. Kemudian untuk investor usia 31-40 tahun sebesar 20% dan usia 41-100 tahun sebesar 15%.


"Kontribusi investor melineal di Riau sudah mencapai 65%," imbuhnya.

Ia menambahkan, secara umum, tingginya minat masyarakat untuk melakukan investasi di pasar modal juga telah menggeser posisi investor asing. Sebab 70% investor di pasar modal saat ini adalah investor dalam negeri.

 

“Kami akan selalu mewajibkan kepada investor untuk mengerti sebelum mereka benar-benar melakukan transaksi di pasar modal. Jangan pernah termakan dengan rekomendasi,” pungkasnya.