Jadi Polisi Terkaya Kedua di Indonesia, Begini Kapolda Riau Rincikan Kekayaannya

Kapolda-Riau2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menjadipolisi paling kaya di urutan kedua di Indonesia berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). LHKPN mencatat kekayaan Iqbal mencapai Rp 27,6 miliar.

Menanggapi hal ini, Iqbal seraya tersenyum menyatakan kepatuhannya terhadap regulasi yang ada. Ia menegaskan, bahwa dirinya jujur dan tak ada yang disembunyikan.

"Saya patuh pada regulasi, LHKPN itu pada tahun 2021. Saya patuh dan jujur, tidak ada yang disembunyikan," ujarnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 15 September 2022.

Menariknya, Iqbal menyebutkan secara rinci sejumlah hartanya yang ada di beberapa daerah di Tanah Air yang ia peroleh sejak menjadi abdi negara.

Menurut Iqbal, angka Rp 27,6 miliar tersebut didapatkan berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) saat ini. Padahal jika diukur dari harga beli saat ini, nilainya tak sampai pada yang tercantum di LHKPN.

Mantan Kadiv Humas Polri ini menjelaskan pada tahun 2021, ia masih menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan jumlah kekayaannya tersebut meliputi barang tidak bergerak dan barang bergerak.


 



Ia merincikan, untuk barang tidak bergerak miliknya terdiri dari empat bidang tanah dan bangunan.

"Yang tiga lahan itu sudah lama sekali. Pertama di Kota Pekanbaru, di daerah Mulyorejo. Lahan kosong, belum ada dibangun," sebut Iqbal.

Iqbal memaparkan, tanah tersebut ia beli dengan sistem lelang dan dibeli seharga Rp 150 juta dari uang yang diberikan oleh sang ibunda. Sedangkan tanah di Sidoarjo, Jawa Timur, dibeli pada 2005 senilai Rp 400 juta yang ia beli dengan cara mencicil selama dua tahun.

Selanjutnya, tanah di Kota Surabaya, Jawa Timur, dibeli istrinya dengan uang yang yang diberikan oleh mertua. Harganya tidak sampai Rp 1 miliar.

Kemudian saat sudah menjabat sebagai Kadiv Humas, Iqbal membeli rumah di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 



"Saat menjadi Kadiv Humas, saya beli rumah di Kelapa Gading, bekas saya ngontrak sudah dari tahun 2012 sampai 2019. Saya cicil dan saya beli seharga Rp 6 miliar," tutur Iqbal.

Selain itu, Iqbal juga punya kekayaan bergerak, yaitu tiga unit mobil serta tabungan puluhan juta rupiah.

Hingga hari ini, Iqbal telah bertugas sebagai abdi negara di kepolisian selama 31 tahun. Ia mengaku bersyukur atas semua yang telah diperolehnya.

"Saya bersyukur. Alhamdulillah. Semoga ini berkah bagi saya," pungkasnya.