Karyawan Perusahaan Diserang Harimau Sumatera Saat Hendak ke Kamar Mandi

Harimau-Sumatera-terekam-kamera.jpg
(Dok BBKSDA Riau)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Seorang pekerja PT RPM diserang harimau sumatera di Desa Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, Sabtu, 3 September 2022, malam.

Akibatnya, korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

“Korban mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya akibat interaksi negatif dengan harimau sumatera berupa serangan dan cakaran,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman Hasibuan, Selasa, 6 September 2022.

Korban, Nihar (41) diserang harimau sumatera saat hendak buang air kecil di kamar mandi. Saat keluar dari pintu barak dan berjalan ke kamar mandi, Nihar dikagetkan dengan seekor harimau sumatera di hadapannya.

 

 


Sontak harimau itu terkejut dan melakukan serangan dengan mencakar Nihar di bagian tubuhnya.

“Nihar kemudian berteriak meminta tolong dan beberapa orang rekannya datang memberi pertolongan hingga akhirnya harimau pergi menjauh,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Genman, Tim BBKSDA Riau memberikan sosialiasi kepada semua karyawan untuk berhati-hati beraktivitas di luar camp.

 

 

“Tidak keluar camp sendirian ketika malam hari dan memasukkan hewan peliharaannya ke dalam kandang tertutup agar tidak mengundang harimau,” kata Genman.

Untuk memantau pergerakan harimau, BBKSDA Riau memasang 10 unit kamera trap di sekitar lokasi.

“Balai Besar KSDA Riau akan segera berkoordinasi dengan managemen perusahaann untuk upaya komprehensif konservasi harimau di area konsesinya,” tutupnya.