BBM Naik, Warga Pekanbaru Bakal Dapat Bansos Pengalihan Subsidi BBM

uang7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat kurang mampu di Kota Pekanbaru nantinya bakal mendapat bantuan dari pemerintah. Bantuan ini merupakan bantuan sosial pengalihan subsidi BBM.

Rencana ini sesuai hasil rapat Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun bersama forkopimda, Senin 5 September 2022. "Bantuan ini untuk membantu masyarakat yang ekonominya susah," jelas Muflihun.

Menurutnya, dana bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Ia menyebut Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru nantinya bakal mendata kembali masyarakat yang layak menerima bantuan sosial itu.

Pemerintah kota bersama forkopimda bakal menggalakkan penanaman cabai dan bawang. Masyarakat bisa menanam kedua komoditi itu untuk bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Pemerintah kota segera melakukan pencanangan penanaman komoditi pangan tersebut di 15 kecamatan. Ia juga mengimbau ASN untuk melakukan penanaman serupa di pekarangan rumah.

"Sehingga masyarakat bisa mengikutinya, jadi mencari cabai itu ada di rumah saja tidak lagi di pasar," ulasnya.


Muflihun menyampaikan, pemerintah kota bersama unsur forkopimda bakal menggelar gorong-royong untuk percepatan penanganan banjir di Kota Pekanbaru. Ada sejumlah lokasi yang menjadi titik sasaran.

Mereka berbagi tugas di sejumlah lokasi bersama tim pasukan kuning. Di antaranya Jalan HR Soebrantas hingga Jalan Riau. "Semoga dengan adanya serentak ini, semua elemen masyarakat juga kita ajak, undang ormas dan mahasiswa," harapnya.