Telepon Kadis LHK di Lokasi Tumpukan Sampah, Muflihun: Jangan Siap ke Siap Saja!

Kolase-foto-Muflihun-dan-Kadis-LHK.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Persoalan sampah masih menjadi pekerjaan rumah Muflihun yang kini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru. Apalagi hingga tiga bulan menjabat, persoalan sampah belum teratasi.

Muflihun meninjau langsung satu titik tumpukan sampah di Jalan Gulama, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan, Minggu, 4 September 2022. Dirinya lantas kesal dan geram melihat sampah yang menumpuk.

Kebanyakan sampah menumpuk merupakan sampah plastik dan sampah rumah tangga. Muflihun langsung menelepon Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi.

"Halo, Pak kadis, ini sampah ngapa di Gulama ni, Pak Kadis. Ini bukannya sampah baru bertumpuk-tumpuk, sudah lama ini Pak," kata Muflihun dalam percakapan dirinya dengan Hendra Afriadi, yang diunggah di Instagram @muflihun.sstp.map.

 

 


Dalam percakapan tersebut, terdengar Hendra menanggapi dan memberikan jawaban yang berbelit. Muflihun yang tak puas dengan alasan Hendra lantas makin meradang.

"Itu bukan alasannya pak, berarti bapak enggak nyambung ni. Nyambung apa nggak yang saya maksud itu? Siap, siap, siap aja dari kemarin pak. Parah kali di Gulama ini, kalau sudah dibersihkan dijaga nanti saya cek bolak balik ke sini," tegasnya.

Muflihun meminta Kadis LHK untuk mengatasi titik lokasi tumpukan sampah. Tidak hanya diangkut, katanya, perlu penjagaan oleh petugas supaya tidak ada lagi kebiasaan yang membuang sampah di tepi jalan.

 

 

"Ditunggu, dijaga sampai orang tak biasakan lagi buang sampah sembarangan. Ini juga karena sudah biasa menumpuk, orang jalan buang sampah makin menumpuk maka solusinya harus dijaga," ujarnya.

Muflihun tak menampik banyak pengaduan dari masyarakat terkait sampah menumpuk. "Saya sudah minta ke DLHK untuk kerjasama dengan pihak Dandim. Kita harus jaga ini semua, kalau tidak ya bakal seperi ini terus," paparnya.

"Saya sadar, saya hanya pj Wali Kota Pekanbaru. Waktu saya terbatas tolong bantu saya, bangun kotanya, bangun juga SDM masyarakatnya," tulis Muflihan dalam keterangan unggahannya.