Anggota DPRD Riau Tertua James Pasaribu Meninggal Dunia

James-Pasaribu.jpg
(Dok. DPDR Riau)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau tertua, James Pasaribu, meninggal dunia pada Sabtu, 3 September 2022, pukul 15.30 WIB. James tutup menghembuskan nafas terakhir di usia 83 tahun.

Sebelumnya James sudah menderita sakit lama karena faktor umur. Saat ini, almarhum tercatat sebagai anggota DPRD Riau tertua.

Berita duka ini disampaikan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bappilu DPD PDI Perjuangan Riau, Syafaruddin Poti, dan merasa PDI Perjuangan kehilangan tokoh penting.

"Kita kehilangan tokoh penting di PDI Perjuangan, dimata almarhum (James Pasaribu) orangnya Humoris disiplin, dan menjadi teladan bagi kami," kata Poti.

Poti menuturkan, James juga merupakan politisi yang termasuk paling lama duduk sebagai wakil rakyat. Terpilih tiga periode di DPRD Kabupaten Indragiri hilir dan saat ini juga sudah tiga periode duduk di DPRD Provinsi Riau.

 


 

Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Opung itu sebagai sosok sederhana dan peduli dengan masyarakat atau konstituennya, sehingga ia begitu dicintai masyarakat.

"Dia sudah tidak mau maju, cuma masyarakat (konstituennya) tetap ingin dia maju, dan terpilih juga," ujar Poti.

Poti berujar, Opung hanya memelihara konstituennya dengan membantu sejak terpilih jadi wakil rakyat hingga sudah enam periode sampai saat ini.

"Paling yang membuat dia tetap bertahan, resesnya ke masyarakat betul-betul membantu masyarakat. Terus ada pemandangan yang selalu membuat orang kagum dengan sosok Opung ini, kehadirannya pada sidang dan rapat di DPRD Riau cukup baik, meskipun tidak banyak bicara lagi," jelasnya.

 

 

Kendati sudah sulit berjalan karena sakit di bagian kakinya, dan selalu mengguna alat bantu pendengaran, menurut Poti, Opung tak pernah menyerah kehilangan semangat.

"Biasanya Opung legend akan mengeluarkan suara kerasnya jika yang dibahas soal kelapa untuk kepentingan masyarakat Indragiri Hilir," tutupnya.