Capaian Vaksinasi Booster Rendah, Kadiskes: Kunjungan Mal Vaksin di Bawah 100 Orang

Vaksin-Booster-Ilust.jpg
(National Council on Aging via Grid.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Capaian vaksinasi Covid-19 booster di Kota Pekanbaru masih rendah. Persentasenya vaksin dosis ketiga masih di bawah 50 persen, yakni di angka 33,63 persen.

Sedangkan, Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan capaian vaksin booster bisa 70 persen. Tim Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru tidak menampik kunjungan masyarakat untuk akses layanan vaksin dosis ketiga masih rendah.

"Masih rendah capaian karena kunjungan masyarakat ke layanan vaksin itu sedikit," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Minggu 28 Agustus 2022.

Dirinya mengatakan, beberapa layanan lain rata-rata hanya setiap harinya 100 orang yang suntik vaksin. Sedangkan mal vaksinasi di Jalan Melur kunjungannya di bawah 100 orang.


Zaini menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan yang ada. Layanan imunisasi bagi anak juga tersedia di mal vaksinasi.

"Jadi capaian vaksin rendah karena masyarakat memang enggan untuk suntik vaksin, mereka enggan suntik vaksin dengan beragam alasan," jelasnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat menuntaskan suntikan vaksin. Ia menyebut bahwa daya imun berkurang seiring waktu sehingga harus mendapat suntikan vaksin booster.

"Kita punya banyak tim untuk membantu masyarakat, sehari bisa melakukan vaksin bagi 30 ribu orang," paparnya.