Tingkatkan Pengguna, BI Riau Launching Pasar dan Pusat Perbelanjaan SIAP QRIS

BI-Riau3.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pekan QRIS Nasional 2022 secara serentak digelar oleh seluruh wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI). Untuk di Riau, kegiatan ini dilaksanakan di Outdoor Area Living World Pekanbaru, Sejak Senin 15 dan 20 Agustus 2022. 

 

Dalam kesempatan yang sama, BI Riau bersama Pemko Pekanbaru juga sekaligus melaunching Pasar dan Pusat Perbelanjaan S.I.A.P QRIS yaitu Pusat Perbelanjaan Living World, Pasar Bawah dan Pasar Dupa Pekanbaru.

 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Muhammad Nur mengatakan hal ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan QRIS baik dari sisi pengguna maupun merchant (dagangan).

 

"Jadi Pekan QRIS dilakukan diseluruh Indonesia bersama dengan pengelola pasar, pusat perbelanjaan dan perbankan. Harapannya kita dapat mendorong  peningkatan dalam penggunaan QRIS di masyarakat," kata Muhammad Nur, Sabtu 20 Agustus 2022. 

 

M, Nur menyebut BI menargetkan di tahun 2022 ada tambahan sebanyak 15 juta pengguna/user baru QRIS di seluruh Indonesia.

 

"Kalau di Riau, kita ditargetkan sebanyak 358 ribu pengguna baru dan hingga Juni lalu persentasenya sudah 60 persen lebih. Kita harapkan sampai akhir tahun ini target tersebut bisa tercapai," tukasnya. 

 


Menurut M. Nur dengan menggunakan QRIS secara tidak langsung kita mendukung pembangunan di Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi lewat digitalisasi.

 

"Makanya kami mengajak kita semua untuk menggunakan QRIS, selain cepat, mudah dan aman, juga mendorong digitalisasi. Di Living World ini saja, pengelola bilang sudah 50 persen tenant menggunakan QRIS," tuturnya. 

 

 

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru, El Syabrina mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan BI Riau selama ini dalam memperkenalkan QRIS di masyarakat.

 

"Terima kasih kepada BI yang telah membantu mempermudah sistem pembayaran bagi masyarakat khususnya di Kota Pekanbaru," pungkasnya.