Besok Pacu Jalur, Mardianto Manan Ingatkan Prokes hingga Pengamanan

Pacu-Jalur-di-Kuansing2.jpg
(Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pesta Pacu Jalur akan diadakan pada 21 - 25 Agustus 2022 mendatang di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, setelah tidak diselenggarakan selama dua tahun imbas Covid-19.

 

Anggota Komisi I DPRD Riau, Mardianto Manan, menanggapi bahwa pacu jalur mengundang euforia dari khalayak publik mengingat bahwa pacu jalur merupakan iven nasional yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

 

 

"Kami yang di Kuansing sangat melihat euforia masyarakat, bahkan bisa dibilang mengalahkan euforia dua hari raya Idul Fitri dan Adha. Tapi kami berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan agar tidak ada klaster baru," terangnya.

 

Politikus PAN itu pun meminta pemerintah daerah mampu bekerjasama dengan baik bersama aparat keamanan, karena tak dipungkiri acara tersebut memungkinkan adanya kejahatan ataupun keributan.

 

"Kalau kami namanya unsur-unsur pemerintah itu seperti lembaga adat dan alim ulama mendudukkan permasalahan ini agar tercipta suasana aman, nyaman dan tentram, sehingga tidak ada keributan," ujar Mardianto. 

 

Legislator dapil Inhu-Kuansing itu turut mengapresiasi upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat salah satunya memberikan tempat berdagang secara gratis untuk warga Kuansing. 

 

"Memang terkesan adanya diskriminasi, warga kita gratis warga dari luar Kuansing membayar, tapi ini adalah langkah positif yang diciptakan Bupati Kuansing untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat lokal," tuturnya. 


 

 

 

 

Mardianto pun meminta agar tribun penonton tidak terlalu tinggi dibangun, sehingga tidak menutup akses bagi penonton luar untuk menyaksikan Pacu Jalur. 

 

"Kadang bayar tribun itu mahal, kalau tidak ada duit ya tidak bisa masuk, jadi ini tidak menjadi tradisi semua orang malah hanya untuk orang berduit," tandasnya.