Ingin Bisa Tulis Nama Sendiri, Kakek 98 Tahun Ikut Program Keaksaraan di Siak

Program-Keaksaraan-Siak.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK-Pemkab Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bidang Paud dan Dikmas melaksanakan program Keaksaraan, mengadakan Pelatihan Baca Tulis untuk Lansia di aula Kampung Kemuning Muda, Bungaraya, Siak, Minggu 14 Agustus 2022.

 

Program Keaksaraan merupakan upaya Pemkab Siak memberantas buta aksara dan meningkatkan kualitas para lansia, melalui program ini lansia diajarkan membaca dan menulis.

 

Kabid Paud dan Dikmas, Salmiah Safitri mengatakan Program Keaksaraan, pelatihan baca tulis dimulai sejak awal Agustus hingga Desember mendatang.

 


Program ini dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Siak, dengan durasi pertemuan selama 114 jam. disetiap Kecamatan terdapat lima kelompok dan lima tutor, satu kelompok berjumlah sepuluh orang Lansia, ucap Hj Salmiah.

 

"Kepada Koordinator wilayah yang ada di Kecamatan, semangat terus untuk bersama-sama dalam satu tujuan, ciptakan lansia produktif, tangguh dan hebat," katanya.

 

Koordinator Wilayah, Kasiwen mengatakan Lansia yang ada di kelompok saya dari kampung Buantan Lestari, Tuah Indrapura dan Kemuning Muda semangatnya sangat luar biasa.

 

Hal ini ditunjukan dari pertemuan awal yang hanya berjumlah sekitar 15 orang, sekarang sudah pertemuan ke tiga jumlahnya 48 orang, bahkan alat tulis sampai kurang, kata Kasiwen.

 

 

"Bahkan ada satu orang yang sudah usia 98 tahun, pas ditanya katanya pengen bisa baca dan tulis biar bisa nulis nama sendiri,"

 

Hal ini bisa terlaksana tentunya juga karena ada dukungan dari pemerintah kampung Kemuning Muda, yang mau membantu kami menjalankan program Keaksaraan ini, kita disediakan aula untuk proses pembelajaran dan keperluan lain, tutup Kasiwen.