Dinkes Provinsi Riau Canang Mobil Layanan Hantar Vaksin

Kepala-Dinas-Kesehatan-Dinkes-Provinsi-Riau-Zainal-Arifin.jpg
(Tika Ayu/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, berencana untuk menyediakan mobil layanan hantar vaksin. Hal ini merupakan antisipasi kendala terkait akses vaksinasi untuk masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengungkapkan bahwa setelah peresmian Mal Vaksinasi, pihaknya dalam seminggu ke depan akan melakukan evaluasi upaya berbenah. Disebutkannya, jika layanan hantar vaksin dibutuhkan maka akan disiapkan.

"Jadi kalau ada dalam satu rukun tetangga (RT) di dalam ada 100 masyarakat yang butuhkan layanan vaksin, kami datang ke sana. Layanan vaksin jadi delivery," ujarnya saat ditemui dalam peresmian Mal Vaksinasi, Jalan Melur, Sukajadi, Pekanbaru, Kamis, 11 Agustus 2022.

Terkait Mal Vaksinasi dan Imuniasai, Zainal menyebut pihaknya menargetkan layanan untuk 500 sampai 600 orang dalam sehari, seperti yang sudah dipersiapkan.

Khusus untuk vaksin Covid-19, Mal Vaksinasi menyediakan sebanyak 1000 dosis vaksin dalam sehari.

 


 

"Kalau persedian di sini (Mal Vaksinasi, red) tidak cukup, kitakan di ibu kota provinsi, jadi kita ada persediaan di stok gudang, baik di gudang tingkat kabupaten dan provinsi, persediaan vaksin 200 ribu dosis," bebernya.

Layanan Mal Vaksinasi beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 23.00 WIB.

"Mudah-mudahan ini berikan alternatif ke masyarkat, bisa dimanfaatkan tujuh hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan. Artinya kita tidak ada libur," ujarnya.

Terkait penyediaan tenaga kesehatan di Mal Vaksinasi, akan diakomodir oleh Puskesmas Melur. Hal ini, kata Zainal, telah melalui proses penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU).

"Jika memang nanti melebihi dari kunjungan biasa akan disokong (tenaga medis) dari Provinsi," terangnya.