HA Fakultas Kehutanan IPB Komda Riau Dukung Program Riau Hijau Pemerintah

Himpunan-alumni-Fahutan-IPB.jpg
(TIKA AYU/RIAU ONLINE)

 

LAPORAN: TIKA AYU


RIAUONLINE, PEKANBARU - Himpunan Alumni (HA) Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institute Pertanian Bogor (IPB) Komisariat Daerah (Komda) Riau memberikan dukungan untuk Program Wacana Riau Hijau, Minggu, 31 Juli 2022.

"Insya Allah kami nyatakan bahwa alumni Fakultas Kehutanan IPB harus berikan yang terbaik untuk Provinsi Riau," ujarnya saat ditemui di pengukuhan Dewan Pengurus Daerah HA Fahutan IPB di Alam Mayang, Pekanbaru.

Menurut Mansyur, lewat Program Riau Hijau, perambahan kawasan hutan yang gencar dilakukan pihak yang tak bertanggung jawab harus dicegah dengan maksimal, mengingat itu merupakan suatu pelanggaran.


"Kegiatan itu bukan hanya merusak ekosistem tapi juga ada merugikan negara," ujarnya.

Mansyur mengingatkan pemerintah untuk konsisten memperhatikan status kehutanan agar Program Riau Hijau sukses. Ketika ada potensi seperti pertambangan atau perkebunan hutan, kata dia, sebaiknya jangan dicanangkan untuk dikonversikan.

"Selamat ini kan ketika dilihat ada potensi untuk perkebunan maka ingin dikonversi, ada tambang ingin dikonversikan. Biarlah itu jadi kawasan (Hutan, red)," sebut Mansyur.

Sedangkan untuk mekanismenya sendiri, dikatakan Mansyur, nantinya dapat diberikan ke ahlinya sebagai pertimbangan.

"Kita tetap pertahankan untuk di Provinsi Riau," ungkap Mansyur.

Selain Ketua Terpilih HA Fahutan IPB Komda Riau, terlihat juga Ketua HA IPB Provinsi Riau, Maamun Murod. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada kepengurusan baru selama 3 tahun ke depan.

Dalam sambutannya pula, ia berharap kepengurusan HA Fahutan IPB dapat program mengawal proses atau implementasi dari kerjasama yang sudah kita bangun dengan pemerintah provinsi.

"Kerjasama ini bisa menghasilkan upaya dan hasil yang baik dalam rangka untuk tetap meningkatkan pembangunan di Provinsi Riau, khususnya berkaitan dengan sektor kehutanan," harapnya.