Tujuh Jemaah Haji Asal Kota Pekanbaru Pulang Akhir Pekan Ini

ilustrasi-jemaah-haji.jpg
(istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Jemaah haji asal Kota Pekanbaru untuk kloter 5 Batam tiba di Kota Pekanbaru, Minggu 31 Juli 2022 dini hari. Jumlah jemaah haji yang datang akhir pekan ini sebanyak tujuh orang.

"Jadi para jemaah masuk dalam penerbangan pertama bagi jemaah haji Pekanbaru," jelas Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, Abdul Wahid, Kamis 28 Juli 2022.

Proses penjemputan jemaah haji oleh keluarga berlangsung di Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, Jalan Arifin Achmad. Keluarga jemaah yang hendak menjemput pun dibatasi.

Keluarga yang menjemput jemaah ke halaman kantor itu hanya terbatas satu kendaraan roda empat. Penjemputan jemaah hanya satu kendaraan roda empat saja.

Pihaknya membatasi jumlah penjemput untuk mencegah kerumunan di halaman kantor. Ia menyebut jumlah orang di halaman kantor harus dibatasi karena pada saat yang sama dilakukan pengambilan bagasi para jamaah.

 


 

Bagasi ini merupakan barang bawaan jemaah berupa tas yang dibawa dari tanah suci.
Ia menyebut jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil bagasi dengan memperlihatkan paspor.

Proses pengambilan bagasi jemaah bersamaan dengan penjemputan. Lokasi pengambilan ada di gedung PGRI Pekanbaru, yang posisinya berada di dalam areal Kantor Kemenag Pekanbaru.

Wahid menjelaskan, seluruh jemaah nantinya tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru sesuai jadwal penerbangan. Mereka lantas menuju Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau.

"Para jemaah menjalani swab antigen, setelah itu ada proses serah terima di sana, lalu para jemaah baru dibawa ke Kantor Kemenag Pekanbaru," jelasnya.

Total ada 467 orang jemaah haji asal Kota Pekanbaru yang bakal kembali ke tanah air. Awalnya jumlah jemaah sebanyak 468 orang tapi satu jemaah asal Kota Pekanbaru bernama Bahari Said meninggal akhir pekan kemarin.

Wahid menjelaskan bahwa kedatangan para jemaah haji terbagi dalam lima penerbangan. Jemaah haji penerbangan kedua tiba di Kota Pekanbaru pada 3 Agustus 2022 dini hari.

Ada 441 jemaah dari Kloter 6 Batam yang bakal datang saat itu. Penerbangan ketiga tiba pada 5 Agustus 2022 dinihari hanya satu jemaah yang datang saat itu dari Kloter 8 Batam.

Kemudian, delapan orang tiba di Pekanbaru pada 6 Agustus 2022. Mereka merupakan jemaah penerbangan keempat yang tergabung dalam Kloter 9 Batam.

Penerbangan terakhir atau penerbangan kelima tiba di Kota Pekanbaru pada 8 Agustus 2022 dinihari. Ada 10 orang yang datang tergabung dalam Kloter 12 Batam.