Forum Anak Provinsi Riau dan Pelalawan Dianugerahi DAFA Award 2022 KemenPPPA

FORUM-ANAK-RIAU2.jpg
(forumanak.id)


LAPORAN: DWI FATIMAH

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menganugerahkan penghargaan Data Forum Anak (DAFA) Award 2022 kepada Forum Anak Provinsi Riau untuk tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan desa/kelurahan. Forum Anak Daerah dianggap kreatif dan inovatif, serta sangat aktif.

KemenPPPA bersama Sekretariat Forum Anak Nasional menganugerahkan penghargaan DAFA Award 2022 agar antusiasme Forum Anak, yang merupakan Pelopor dan Pelapor (2P) bisa meningktkan perannya dan merencanakan pembangunan melalui parsipasi anak.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, mengatakan keaktifan Forum Anak dalam berbagai hal merupakan sebuah keberhasilan.

"Termasuk dalam menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P), berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan (PAPP) melalui berbagai kreasi,” kata Bintang, Senin, 25 Juli 2022.

Dengan adanya anugerah DAFA Award 2022 ini, Bintang berharap, dapat menjadi sarana dalam pemantauan keaktifan Forum anak di daerah, termasuk Riau.

Menurut Bintang, Forum Anak yang minim kegiatan maupun mengalami keterlambatan regenerasi kepengurusannya, dapat menjadikan DAFA Award 2022 sebagai tolok ukur.

Sejak dilaksanakan pada 2012, kata Bintang, DAFA Award digelar dengan berbagai metode pengumpulan data. Sehingga, penjurian yang dilakukan secara adil.


Sementara untuk tahun ini, sebut Bintang, menjadi tahun kedua DAFA Award berintegrasi dengan website forumanak.id.

 

 

"Salah satu bentuk adaptasi kita terhadap dunia digital yang semakin berkembang pesat," ujarnya.

KemenPPPA juga berupaya mendorong Forum Anak di daerah masing-masing agar tetap terhubung. Dengan begitu, setiap Forum Anak dari berbagai daerah dapat mengetahui kegiatan maupun program yang dilaksanakan, sehingga dapat menjadi inspirasi.

Sementara itu, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi Anak, Endah Sri Rejeki, menyebutkan tingkat partisipasi dan antusiasme Forum Anak pada DAFA Award 2022 ini tinggi.

Disebutkan Endah, sebanyak 263 Forum Anak Daerah turut berpatisipasi dan mendaftar dalam DAFA Award 2022. Sedangkan dari Provinsi ada sebanyak 26 Forum Anak.

"127 Forum Anak Kabupaten/Kota, 64 Forum Anak Kota, 33 Forum Anak Kecamatan dan 13 Forum Anak Desa," sebut Endah.

Penghargaan DAFA Award 2022 diberikan berdasarkan 15 kategori. Sementara untuk Forum Anak Provinsi Riau masuk ke dalam kategori Forum Anak Pendataan Tercepat.

Selain itu, Forum Anak Kabupaten Pelalawan juga menerima penghargaan DAFA Award 2022 untuk kategori Forum Anak Kabupaten Terbaik.