Modal Alat Berat, Pemodal Rambah Kawasan Hutan di Hulu Kuantan Kuansing Buka Kebun Sawit

Kondisi-HPT-Batang-Lipai-Siabu.jpg
(dok KPH Singingi, DLHK Riau)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Terungkap, pemodal yang membuka lahan di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Batang Lipai Siabu di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ternyata untuk ditanami kelapa sawit.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Singingi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Abriman, dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 24 Juli 2022.

"Siap stacking tampaknya langsung ditanami sawit," ujar Abriman.

Pemodal, lanjut Dia, bekerja dengan cepat dengan menggunakan dua unit alat berat jenis ekskavator. "Jadi siap di stacking cepat-cepat ditanami sawit," kata Dia.


Hasil pantauan di lapangan, dia menyebutkan, sudah banyak bibit sawit yang ditanam oleh pemodal berada di HPT Batang Lipai Siabu.

"Yang sudah terbuka itu sekitar 50 hektar, dan sebagian sudah ditanami sawit," katanya.

Sebelumnya, Tim KPH Singingi, DLHK Riau mengamankan dua unit alat berat ekskavator berada di atas kawasan hutan di HPT Batang Lipai Siabu, Jumat, 22 Juli 2022 lalu.

Dua unit alat berat ekskavator yang diamankan tersebut satu merk Sumitomo dan satu lagi merk CAT. Dua unit alat tersebut diamankan berada di lokasi HPT Batang Lipai Siabu.

HPT Batang Lipai Siabu sendiri merupakan kawasan hutan penyangga kawasan hutan Suaka Margasatwa Rimbang Baling yang berada di Kabupaten Kuansing.