Masalah Sampah Tak Kunjung Beres, TPS Liar Menjamur di Pekanbaru

Tumpukan-sampah13.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Permasalahan sampah di Kota Pekanbaru masih belum teratasi secara menyeluruh. Apalagi saat ini banyak bermunculan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Liar di sejumlah ruas jalan.

 

Keberadaan TPS liar ini menganggu masyarakat sekitar yang melintas di kawasan itu. Satu titiknya berada di Jalan HR Soebrantas dan Jalan Soekarno- Hatta. Kebanyakan sampah menumpuk merupakan sampah rumah tangga berupa plastik.

 

Masyarakat maupun pengguna jalan terus mengeluhkan kondisi ini. Mereka merasa terganggu dengan banyaknya sampah menumpuk di ruas jalan.

 

"Tak habis-habis lah masalah sampah di ni. Entah kapan bersihnya. Kita lewat jalan ni udah wangi-wangi jadi lengket bau busuk," ujar Rani yang kerja di salah satu toko parfum saat melintasi jalan Soekarno-Hatta, Sabtu 23 Juli 2022.

 

Kedua operator angkutan sampah yakni PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Samhana Indah (SHI) belum optimalkan pengangkutan. Akibatnya masih ada tumpukan sampah lantaran belum terangkut.

 

Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru tidak menampik hal tersebut. Mereka menyadari kedua operator angkutan harus mengoptimalkan pengangkutan sampah.

 

"Sesuai dengan rencana aksi, pengangkutan sampah mesti dioptimalkan dengan penempatan petugas di sejumlah titik TPS liar," tegas Sekretaris DLHK Kota Pekanbaru, Adi Lesmana.

 

Dirinya menyebut, penempatan petugas di sejumlah titik penumpukan sampah untuk mencegah munculnya TPS liar. Pihaknya juga sudah menyampaikan ke operator angkutan sampah agar menyediakan TPS mobile.

 


 

 

 

Mereka bisa menempatkannya di beberapa titik. Operator angkutan sampah mesti mengangkut sampah sesuai jadwal agar tidak ada lagi tumpukan sampah. "Kita ingatkan agar operator mencegah tumpukan sampah di beberapa titik," ujarnya.

 

Adi menyebut, masyarakat bisa memberi laporan ke call centre DLHK Kota Pekanbaru. Mereka bisa menghubungi DLHK lewat sambungan 0821 7191 9992 dengan menyertakan foto.