25 Persen Ruas Jalan di Kota Pekanbaru Masih Rusak, PUPR hanya Bisa Tambal Sulam

Jalan-rusak6.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih dalam kondisi rusak. Ruas jalan tersebut di antaranya Jalan Cipta Karya, Jalan Suka Karya, Jalan Delima, Jalan Rajawali dan Jalan Pemuda.

 

Padahal ruas jalan tersebut kerap dilalui oleh para pengguna jalan. Kondisinya rusak dan berlubang. Pengguna jalan pun mesti waspada melintas untuk menghindari kecelakaan.

 

"Masih banyak lubang di sini. Itulah kita harus hati-hati kali, apalagi kalau udah hujan gini kan jadi licin," ujar Amri saat melintasi jalan Cipta Karya, Rabu 20 Juli 2022.

 

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mendata, ruas jalan rusak mencapai 25 persen dari total ruas jalan di kota ini. Secara keseluruhan, total panjang ruas jalan kota di Pekanbaru mencapai 1.277 kilometer.


 

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution tidak menampik bahwa 25 persen jalan kota masih dalam kondisi rusak. Mereka hanya bisa melakukan upaya perbaikan dengan tambal sulam.

 

"Jadi kita melakukan perbaikan lewat operasional dan perawatan serta pembersihan saluran air di sekitar ruas jalan itu," paparnya.

 

Dirinya mengklaim, sekitar 75 persen dari total ruas jalan dalam kondisi baik. Pihaknya sudah melakukan perbaikan secara bertahap. Mereka cuma bisa melakukan proses tambal sulam terhadap ruas jalan yang rusak.

 

Ada dua tim untuk proses tambal sulam setiap harinya. Mereka melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan yang kerap dilintasi pengguna jalan.

 

Sejumlah ruas yang sudah proses tambal sulam yakni Jalan Swakarya, Jalan Delima, Jalan Inpres, Jalan Bandeng, Jalan Puyuh dan Jalan Garuda. Mereka juga melakukan tambah sulam di Jalan Kavling, Jalan Paus,  Jalan Mustika, Jalan Sumatra, Jalan Sisingamangaraja dan ruas jalan lainnya

 

"Kita sudah melakukan tambal sulam di kurang lebih 120 ruas jalan kota," jelasnya.