Jemaah Haji Pekanbaru Pulang Kampung, Catat Jadwal dan Syarat Penjemputan

Haji3.jpg
(Via suara.com/Pixabay)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para jemaah haji asal Kota Pekanbaru mulai kembali ke tanah air pada akhir Juli 2022. Penerbangan perdana berlangsung pada 31 Juli 2022 mendatang.

 

Proses penjemputan jemaah haji oleh keluarga  berlangsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pekanbaru, Jalan Arifin Achmad.

 

Keluarga jemaah yang hendak menjemput dibatasi. Mereka yang menjemput jemaah ke halaman kantor Kemenag hanya terbatas satu kendaraan roda empat.

 

 

"Penjemputan jemaah hanya satu kendaraan roda empat saja," jelas Plt Kepala Kantor Kemenag Pekanbaru, Abdul Wahid, Minggu 16 Juni 2022.

 

Wahid menyampaikan, 468 jemaah haji asal Kota Pekanbaru yang kembali ke tanah air terbagi dalam lima penerbangan. Penerbangan pertama tiba di Kota Pekanbaru pada 31 Juli 2022 dinihari.

 

Ada tujuh orang jemaah asal Kota Pekanbaru yang pulang dari tanah suci pada penerbangan perdana. Mereka yang merupakan kloter 5 Debarkasi Batam tiba di Kota Pekanbaru pada dinihari.

 

Kemudian penerbangan kedua tiba pada 3 Agustus 2022 dinihari. Ada 442 jemaah dari Kloter 6 Batam yang bakal datang saat itu.


 

Sementara itu, penerbangan ketiga tiba pada 5 Agustus 2022 dinihari. Hanya ada satu jemaah yang datang saat itu dari Kloter 8 Batam.

 

Ada delapan orang tiba di Pekanbaru pada 6 Agustus 2022. Mereka merupakan jemaah penerbangan keempat yang tergabung dalam Kloter  9 Batam.

 

Penerbangan terakhir atau penerbangan kelima tiba di Kota Pekanbaru pada 8 Agustus 2022 dinihari. Ada 10 orang yang datang tergabung dalam Kloter 12 Batam.

 

Menurutnya, pihak Kantor  Kemenag Pekanbaru membatasi jumlah penjemput untuk mencegah kerumunan di halaman kantor. Jumlah orang di halaman kantor harus dibatasi karena pada saat yang sama dilakukan pengambilan bagasi para jemaah.

 

 

 

Bagasi ini berupa barang bawaan jemaah berupa tas yang dibawa dari tanah suci. Ia menyebut, jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil bagasi dengan memperlihatkan paspor.

 

Proses pengambilan bagasi jemaah bersamaan dengan penjemputan. Lokasi pengambilan ada di gedung PGRI Pekanbaru, yang posisinya berada di dalam areal Kantor Kemenag Pekanbaru.