Lebih Sedikit, Hewan Kurban di Kuansing Berkurang 280 Ekor dari Tahun Lalu

Sapi-ternak-di-kuansing.jpg
(Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jumlah hewan kurban di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada Idul Adha tahun 2022 ini berkurang sekitar 280 ekor bila dibanding tahun sebelumnya. Namun, perayaan Idul Adha tahun ini tetap semarak.

Data Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kuansing mencatat, tahun ini jumlah hewan kurban sebanyak 3.150 ekor terdiri dari 2.556 ekor sapi, 323 ekor kerbau dan 271 ekor kambing.

Sedangkan pada tahun lalu, jumlah hewan kurban berjumlah 3.430 ekor terdiri dari 2.676 ekor sapi, 285 ekor kerbau, dan 469 ekor kambing.

Dibanding tahun sebelumnya, jumlahnya hewan kurban Idul Adha kali ini berkurang sekitar 280 ekor.

 


 

Kepala Bidang Peternakan Kuansing, Asrul, mengatakan tidak ditemukan penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan kurban tahun ini di Kuansing.

"Sejauh ini belum ada kasus PMK di Kuansing, meskipun dari laporan dilapangan ada bebarapa ternak yang mengalami sakit tapi bukan PMK," ujar Asrul kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 11 Juli 2022 kemarin.

Dia mengatakan, kurban tahun ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar tidak ada ternak yang terjangkit PMK, terutama hewan kurban.

"Kita cukup aman dari PMK," katanya.