Tower PLN Roboh Usai Besi Penyangga Dicuri OTK, Kapolda Riau: Segera Tangkap Pelaku

Kapolda-Riau-Defri.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal memerintahkan Kapolres dan Kapolsek di wilayah hukumnya untuk segera menangkap pelaku pencurian besi penyangga tower PLN di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

"Saya perintahkan untuk segera tangkap para pelakunya," ujar Irjen M Iqbal kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 5 Juli 2022.

Besi penyangga tower sutet PLN di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau, dicuri oleh orang tak dikenal (OTK) pada Sabtu, 2 Juli 2022 sekitar pukul 16.13 WIB. Akibatnya, sejumlah wilayah di Pekanbaru mengalami mati listrik dikarenakan tower sutet yang roboh.

Hilangnya besi penyangga tower itu menyebabkan dua tower PLN, yakni tower 69 dan 70 Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Section Garuda Sakti - Pasir Putih.

 


 

Hal ini menyebabkan, hilangnya beban pembangkit sekitar 70 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip) sehingga berdampak pada sistem kelistrikan di Pekanbaru padam.

Pihak PLN lantas bergerak cepat dengan membangun tower darurat menggantikan sementara kedua tower yang lumpuh tersebut.

"Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan tower tersebut adalah segera memasang tower darurat sebanyak dua tower agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau", ujar Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat.

Sampai hari ke tiga pelaksanaan recovery, Minggu, 3 Juli 2022, proses pendirian tower darurat sudah mencapai sekitar 60 persen.

“Kami menargetkan Insya Allah tower darurat beroperasi sebelum Hari Raya Idul Adha nanti,” ucap Aris.