Jelang Ajang Nasional, Pacu Jalur Latihan Bersama di Hulu Kuantan, Ini Hasilnya

latihan-pacu-jalur.jpg
(Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jelang pacu jalur event kebudayaan dan tingkat Nasional pada Agustus mendatang, sejumlah jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mulai menggelar latihan bersama. Seperti di Kecamatan Hulu Kuantan ada 12 jalur di kecamatan tersebut menggelar latihan bersama dengan menerapkan sistem liga. Semua jalur bakal bertemu dan berhadapan nantinya.

Latihan bersama digelar di Tepian Gudang Pulau Gobah, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan. Ajang latihan bersama ini telah dimulai sejak Sabtu, 2 Juli 2022 kemarin. Latihan bersama ini digelar selama dua hari dan berakhir pada Minggu, 3 Juli 2022 sore ini.

Ajang latihan bersama ini mengobati kerinduan masyarakat akan pacu jalur yang sudah dua tahun ini tidak digelar karena pandemi Covid-19. Tahun ini pacu jalur akan kembali digelar.

Di Kuansing sendiri jalur-jalur dari Kecamatan Hulu Kuantan ini cukup disegani dan ditakuti oleh lawan. Selain memiliki luncuran yang bagus, fisik atlet setiap jalur di Hulu Kuantan juga terlatih dan kuat.


Untuk sementara, empat jalur pemuncak yang memiliki poin tertinggi pada ajang latihan bersama ini di antaranya ada jalur Silingi Biso Pulau Kiambang dari Desa Sampurago, jalur Sang Ratu Helmina dari desa Koto Kombu, jalur Bintang Emas Cahaya Intan dari desa Tanjung, dan jalur Palimo Olang Putie dari desa Sungai Alah.

Sementara untuk jalur Singa Kuantan, Halilintar Gelombang Cahaya Putih, Kori Pusako Kampuang Layang, Siluncur Keramat Sati baru mengumpulkan tiga poin.

Sedangkan jalur Pendekar Hulu Bukik Tabandang, KONI Kuansing, Ular Timpo Danau Batuah dan jalur Binuan Sati Bukik Sopan tetap ditunggu untuk mendapatkan poin pada pacu jalur yang kembali digelar Minggu sore ini.

Pacu jalur ajang latihan bersama ini ditaja oleh Forum Kepala Desa Kecamatan Hulu Kuantan. Menurut Ketua Pelaksana Pacu Jalur Ajang Latihan Bersama Kecamatan Hulu Kuantan, Kusroyo melalui Sekretaris pacu jalur, Firdaus mengatakan, seluruh jalur nantinya akan bertemu.

"Iya. Kita kumpulkan poin. Jalur mana yang paling tinggi poinnya, itulah sang juara nantinya. Tujuan sistem liga ini adalah untuk ajang latihan bagi jalur-jalur kecamatan Hulu Kuantan sebelum menuju ajang rayon dan iven nasional," kata Firdaus yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kades Hulu Kuantan, Sabtu, 2 Juli kemarin.