Anggota DPR RI Effendi Sianipar Sukses Seminar Proposal Tesis di Pascasarjana Unilak

ADV-unilak.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepercayaan masyarakat dalam meningkatkan kualifikasi pendidikannya di Program Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) terus mengalami peningkatan. Bahkan anggota DPR RI pun ada yang memilih studi S2 (Magister) di kampus yang berlokasi di Rumbai, Pekanbaru, Riau ini.

Adalah Effendi Sianipar, yang pada Rabu, 29 Juni 2022 dalam keterangan persnya mengungkapkan, telah menyelesaikan Seminar Proposal tesis berjudul ‘Peranan Penyuluh Pertanian Terhadap Ketahanan Pangan di Kota Pekanbaru’.

Menurutnya, judul tesis ini berangkat dari kapasitasnya selama 7 tahun menjadi Anggota DPR RI Komisi IV yaitu bidang Pertanian, Kelautan dan Perikanan, serta Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Peranan Penyuluh Pertanian Terhadap Ketahanan Pangan di Kota Pekanbaru ditujukan semata-mata untuk terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat melalui ketersediaan (produksi dan cadangan pangan), keterjangkauan, konsumsi pangan dan gizi, serta keamanan pangan berbasis bahan baku, sumber daya dan kearifan lokal, serta memperbesar manfaat ketahanan pangan di Kota Pekanbaru dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ulasnya.

Effendi Sianipar menjelaskan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Sedangkan ketahanan pangan merujuk pada ketersediaan pangan atau bahan makanan untuk menjamin manusia hidup sehat dan bisa bekerja produktif.


Ketahanan pangan merupakan isu yang saat ini ramai dibahas demi terwujudnya Indonesia sebagai lumbung padi dunia. Dengan ketahanan pangan yang kuat, tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang menderita kemiskinan dan tidak bisa mencukupi kebutuhan makan sehari-hari khususnya di Kota Pekanbaru.

“Alasan saya memilih tesis ini karena peranan penyuluh pertanian terhadap ketahanan pangan di Kota Pekanbaru masih kurang maksimal. Maka dari itu, dengan adanya tesis ini bisa menjadi acuan bagi saya dalam menyampaikan aspirasi untuk mengatasi permasalahan ini dengan tepat,” ungkapnya pula.

Effendi Sianipar mengambil program studi Magister Manajemen. Proposal Tesis dipertahankannya di hadapan penguji, yakni Adofl Bastian, Fahmi Oemar, dan Adi Rahmat.

Sementara itu Rektor Unilak Junaidi memberikan apresiasi atas telaksananya ujian proposal tesis dari anggota DPR RI.

"Penelitian dari beliau (Effendi Sianipar) penting bagi pertanian di Pekanbaru, saat ini masalah pertanian sering di perbincangkan dan dibahas, tentunya ini akan memberikan dampak yang baik dan kemajuan bagi pertanian. Kita doakan ujian beliau nantinya lancar hingga menyandang magister, saat ini kepercayaan masyarakat untuk kuliah di Unilak semakin tinggi, kami mengajak masyarakat untuk dapat kuliah di Unilak baik S1 atau S2 untuk peningkatkan kualitas pendidikan," ujarnya.