Dihadiri Menteri, Rakor Gubernur se-Sumatera Bakal Bahas Lima Poin Ini

Ilustrasi-Rakor.jpg
(dinaspdank.wonogirikab.go.id)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera pada Kamis, 30 Juni 2022 mendatang.

Dalam rakor ini, Hariyanto menjelaskan, akan ada lima poin yang akan dibahas. Pertama, soal pemerataan infrastruktur seperti jalur logistik trans sumatera. Kemudian, pembahasan terkait kondisi infrastruktur perbatasan dan truk Over Dimension Over Load (ODOL).

Kedua, hilirisasi sumber daya alam seperti komoditi perkebunan, holtikultura, perikanan, pertanian, dan kawasan industri.

Ketiga, penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif seperti wisata halal, paket wisata antar provinsi, dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Keempat, percepatan penurunan stunting dan kemiskinan seperti ketahanan pangan, pelayanan kesehatan, pendidikan daerah perbatasan, dan pusat rujukan kesehatan nasional di Sumatera,” jelasnya.


 

 

Kelima, sebut Hariyanto, pembangunan rendah karbon seperti pembangunan berkelanjutan, peningkatan bauran energi, pengelolaan gambut dan mangrove.

Lebih lanjut, Hariyanto menjelaskan, dalam rakor Gubernur Riau akan mengundang sepuluh Gubernur se-Sumatera, di antaranya Gubernur Aceh, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Barat.

Kemudian, Gubernur Kepri, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Lampung, Gubernur Bengkulu, dan Gubernur Bangka Belitung.

"Saat rakor Gubernur se-Sumatera itu akan datang beberapa menteri, seperti Mendagri, Menkeu dan Bappenas," pungkasnya.