Asosiasi Psikologi Islam Kukuhkan Kepengurusan Baru

API-Riau.jpg
(Dwi Fatimah/RIAUONLINE.CO.ID)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Asosiasi Psikologi Islam (API) mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswi)l Pemilihan Kepengurusan, Penguatan Kelembagaan dan Menyusun Program Kerja Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Sabtu, 26 Juni 2022

Ketua Pimpinan Wilayah Asosiasi Psikologi Islam (API) Riau, Harmaini mengatakan bahwa pelaksanaan Muswil tahun ini merupakan agenda rutin dalam organisasi API.

Muswil ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya juga diadakan muswil untuk periode pertama.

Dalam muswil ini, Santoso yang merupakan dosen prodi Psikologi Islam UMRI terpilih sebagai Ketua API periode 2022 - 2026.

"Alhamdulillah rangkaian kegiatan Muswil terlaksana dengan baik. Hasilnya, Santoso yang merupakan dosen prodi Psikologi Islam UMRI terpilih sebagai ketua untuk periode 2022 - 2026,” kata Harmaini.

Kepada ketua baru yang terpilih, Harmaini berharap agar segera melengkapi struktur kepengurusan, penguatan kelembagaan dan menyusun program kerja.


Terkait peserta Muswil API Riau Harmaini menjelaskan terdiri dari unsur perguruan tinggi negeri dan swasta, serta pihak lain yang meleburkan dirinya dalam hal Psikologi di Riau.

Harmaini juga mengapresiasi atas dukungan UMRI dan menyampaikan terimakasih atas kesediaan UMRI menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini.

 

 

"Kami mengapresiasi atas dukungan UMRI dan telah berkenan menjadi tuan rumah, tempat pelaksanaan muswil dan talkshow kali ini,” jelas Harmaini.

Sebagai ketua baru, Santoso menjelaskan, ke depan API akan melakukan pengkajian secara teoritis dan keilmuan dalam Psikologi Islam.

“Psikologi Islam adalah sebuah khasanah keilmuan yang baru dan perlu untuk dibangun sehingga memiliki frame pemikiran, treatment dan konsep psikologi yang lebih bisa dimanfaat masyarakat serta melakukan pendekatan tentang persoalan aktual,” jelas Santoso.

Hadir dalam kegiatan itu Rektor UMRI Saidul Amin, Sekum Pimpinan Pusat Asosiasi Psikologi Islam Lilim Halimah, Ketua Himpsi wilayah Riau Sigit Nugroho, Ketua Pimpinan Wilayah Asosiasi Psikologi Islam Riau Harmaini, Kakan Kemenag Provinsi Riau diwakili oleh Kasi Guru Pendidikan Madrasah Evi Yanti, Ketua Ikatan Psikologi Klinis Riau serta pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Riau.